Ditulis pada 9 August 2017 , oleh denny , pada kategori Berita, Kegiatan

 

Kepala Perpustakaan Universitas Brawijaya (UB) Drs. Johan AE Noor, Ph.D berserta Tim melakukan sosialisasi dan workshop untuk memperkenalkan aplikasi Turnitin pada Laboratorium Sentral Ilmu Hayati (LSIH) 8/8/2017. 

Acara di buka oleh Dr. Ir. Nur Hidayat , MP sebagai ketua penjaminan mutu LSIH, dan dihadiri oleh para pimpinan LSIH dan staf LSIH, Johan menjelaskan bahwa aplikasi Turnitin adalah aplikasi yang diperoleh UB dari vendor asal Amerika Serikat. Aplikasi tersebut berfungsi untuk mendeteksi kesamaan hasil tulisan ilmiah.“Tujuannya pertama untuk menghindari adanya plagiasi dan kedua juga untuk melindungi copyright dari penulis terdahulu,” jelas Johan

Selanjutnya, praktik dengan mempratekan cara penggunaan aplikasi Turnitin. Langka awal pemberian user id dan password untuk digunakan, kemuadian upload file yang akan diperiksa, membandingkan file dengan karya tulis ilmiah yang sudah ada.

Dijelaskan oleh pak Johan bahwa file karya dapat dibandingkan dengan beberapa sumber, yaitu; (1) repository jurnal pada internet, (2) repository jurnal pada Universitas Brawijaya, (3) publikasi jurnal ilmiah nasional dan internasional yang terbit secara periodik dimana UB sudah berlangganan.